Selamat Datang di Perpustakaan Umum Kabupaten Pamekasan

Membaca merupakan kebutuhan utama bagi setiap manusia, baik membaca text ataupun membaca linkungan disekitar kita. untuk itu perpustakaan umum kabupaten pamekasan merupakan salah satu wahana ilmiah untuk memperkaya wawasan intelektual. semoga dengan adanya perpustakaan ini dapat membawa dampak positif bagi masyarakat dan bisa membuat budaya membaca dikalangan anak-anak, orang tua atau masyarakat.

Profil Perpustakaan

Success Story

Peer Learning Meeting

Bupati Terima Penghargaan Nasional dari Coca Cola Foundation Indonesia (CCFI) dan Bill and Melinda Gates Foundation (BMGF) dalam hal pengembangan perpustakaan daerah.

 

 

 

Pamekasan, 15/4 (Media Madura) – Bupati Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Achmad Syafii kembali menyabet penghargaan. Kali ini penghargaan diterima Syafii dari Coca Cola Foundation Indonesia (CCFI) dan Bill and Melinda Gates Foundation (BMGF) dalam hal pengembangan perpustakaan daerah melalui program PerpuSeru.

Anugerah penghargaan tingkat nasional tersebut diterima langsung oleh Achmad Syafii di Nusa Dua Bali, Kamis (14/4/2016) kemarin. Penghargaan itu diraih karena tingginya komitmen Pemerintah Daerah dalam mendorong berbagai inovasi yang dikembangkan Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah (Perpusda) Pamekasan.

Bahkan, Perpusda Pamekasan ditetapkan sebagai perpustakaan percontohan tingkat nasional dan beberapa kali meraih penghargaan bergengsi.

Kepala Perpusda Pamekasan, Akhmad Zaini menuturkan, setidaknya ada dua indikator keberhasilan Pemkab Pamekasan meraih penghargaan. Pertama, peningkatan anggaran Perpusda dari Rp 400 juta menjadi Rp 2,6 miliar. Kedua, Bupati Pamekasan mendorong langsung terbentuknya perpustakaan desa di wilayahnya. Bahkan kini Pemkab menyiapkan kantor kecamatan yang memiliki perpustakaan representatif.

“Alhamdulillah, penghargaan yang diterima Pak Bupati menjadi penyemangat kami ke depannya,” kata Zaini yang turut hadir dalam penyerahan penghargaan itu, bangga.

Dijelaskan Zaini, CCFI bekerja sama dengan BMGF mengembangkan program PerpuSeru yang bertujuan untuk membantu mengembangkan perpustakaan umum di Indonesia menjadi pusat belajar masyarakat berbasis Teknologi Informasi, hal itu telah diterapkan di perpustakaan Pamekasan.

Sementara itu, Bupati Pamekasan Achmad Syafii, melalui Kabag Humas, Joko Trisulo mengatakan, Pemkab Pamekaaan selalu mencanangkan program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Diantaranya menumbuhkan minat baca dan pembinaan masyarakat melalui program-program perpusda.

“Sebenarnya bukan penghargaan yang menjadi target pemerintah, tapi bagaimana masyarakat di Pamekasan gemar membaca. Tapi dengan adanya penghargaan ini semakin membuat kami tambah bersemangat,” ujar Joko sapaan akrabnya.

 

 

 

Joomla templates www.joomlashine.com