Selamat Datang di Perpustakaan Umum Kabupaten Pamekasan

Membaca merupakan kebutuhan utama bagi setiap manusia, baik membaca text ataupun membaca linkungan disekitar kita. untuk itu perpustakaan umum kabupaten pamekasan merupakan salah satu wahana ilmiah untuk memperkaya wawasan intelektual. semoga dengan adanya perpustakaan ini dapat membawa dampak positif bagi masyarakat dan bisa membuat budaya membaca dikalangan anak-anak, orang tua atau masyarakat.

Profil Perpustakaan

Success Story

Peer Learning Meeting

Sosialisasi Program Bantuan Komputer dari Perpuseru

Pada Hari Selasa, 08 Maret 2016 bertempat di Aula lantai II Perpusda Pamekasan Menyelenggarakan Kegiatan Sosialisasi Program Perpuseru fase scale up replikasi 2016 bagi 10 Perpusdes/TBM terpilih. acara dimulai pada pukul 09.00 s.d 11.00 Wib dihadiri oleh Asisten Administrasi, Wakil DPRD Komisi IV, SKPD terkait, dan 10 Kepala Desa/TBM beserta Perangkat Penerima Bantuan Program Perpuseru Fase Scale Up Replikasi 2016. Sebanyak 79 peserta hadir dalam acara tersebut dengan rincian  57 orang Laki-laki dan 22 orang perempuan. Peserta Sosialisasi memperoleh gambaran terkait Program Perpuseru Fase Scale Up setelah mendengarkan paparan dari Bpk. Kusairi sebagai Pemateri. Peserta sangat antusias dan semangat setelah diumumkan mendapatkan bantuan Berupa 3 Komputer dari Perpuseru yang disponsori oleh Coca-cola Foundation. RTL yang disepakati bersama adalah setiap perpusdes/TBM siap untuk melaksanakan dan mengembangkan perpustakaan berbasis IT yang berkelanjutan. 

Musyawarah Pandega 2016 Universitas Islam Madura

Promosi Perpustakaan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu cara Mempromosikan Perpusda Pamekasan dengan Menyediakan Tempat Untuk Berkegiatan Masyarakat. Pada hari Minggu, 14 Februari 2016 Aula Perpusda Pamekasan ditempati oleh Panitia Pelaksana UKM Pramuka UIM Pamekasan. dengan agenda acara Musyawarah Pandega (Musdega 2016) dan dialog interaktif yang dihadiri oleh 24 Anggota. acara tersebut dimulai sejak pukul 08.00 s.d 12.00 WIB. Acara dibuka langsung oleh ketua Panitia yaitu Hodori dari Mahasiswa Universitas Islam Madura. Secara tidak langsung mengenalkan masyarakat tentang perpustakaan dan Fungsinya sebagai tempat berkegiatan masyarakat. Pelaksana (Panitia) kegiatan memberikan sosialisasi kepada anggotanya (Peserta) untuk selalu berkunjung ke Perpusda yang telah tersedia berbagai Fasilitas yang bermanfaat terutama kemudahan memperoleh informasi. Dari acara tersebut menghasilkan kepengurusan baru dari Pangurus Gerakan Pramuka UIM tahun 2016-2017

PERPUSTAKAAN GALAKKAN BUDAYA BACA

Upaya promosi perpustakaan dan mewujudkan budaya baca terus digalakkan Perpustakaan Umum Pamekasan. Jumat (12/12) lalu, perpustakaan mendatangkan Kepala Perpustakaan Nasional Sri Sularsih dan Kepala Perpustakaan Jawa Timur Sudjono di Pandapa Ronggosukowati Pamekasan. Selain itu, perpustakaan juga mengundang penulis buku Iwan Setiyawan dan tokoh lokal Muh. Yusuf Suhartono. Hadir berbagai kalangan seperti guru, kepala sekolah, pengelola perpustakaan, tokoh masyarakat, birokrat, anggota DPRD, dan mahasiswa. Kegiatan itu dikemas dengan Diskusi Panel Road Show Budaya Baca. Dalam acara itu juga dikukuhkan Bunda Baca Pamekasan Anni Syafii. Anni dinilai memiliki komitmen tinggi terhadap gerakan membaca melalui perpustakaan TP PKK di tingkat desa.

Beberapa waktu lalu (Jumat, 05/12) Perpustakaan juga melaksanakan kegiatan Road Show Budaya Baca, OPS Zebra Semeru 2014 dan Seminar HIV & Aids yang di tempatkan di Taman Baca Gazebo Perpustakaan Umum Pamekasan kegiatan tersebut Terselenggara Atas Kerja Sama Antara Perpustakaan Umum Pamekasan, Suara Pamekasan FM, Polres Pamekasan, Komunitas HIV & Aids Pamekasan, dan Bison Club Pamekasan (Pelopor Tertib Berlalu Lintas)

PERPUSTAKAAN: KAJIAN ISLAMIC LOVER COMMUNITY

Perpustakaan.pamekasankab.go.id - PERPUSTAKAAN UMUM PAMEKASAN sering dijadikan sebagai tempat para komunitas untuk berkegiatan. Seperti halnya Islamic Lover Community yang disingkat dengan ILC Kabupaten Pamekasan sering melakukan kajian-kajian keislaman di Perpustakaan Umum Pamekasan. 

Perpustakaan dianggap tempat yang nyaman untuk berkegiatan. Disamping itu lokasinya yang strategis memudahkan mereka berkunjung ke perpustakaan. Tidak hanya itu perpustakaan juga menyediakan koleksi-koleksi bernuansa islami yang cukup lengkap sehingga komunitas tersebut sering malakukan kagiatan di perpustakaan.

Perlu diketahui bahwa Komunitas ILC Pamekasan ini terbentuk sejak bulan September tahun 2014 yang mempunyai kegiatan khusus kajian-kajian keislamaan. Meraka melakukan kegiatan kajian keislaman 2 kali dalam seminggu. Dan tempat favorit mereka di Perpustakaan Umum Pamekasan.

DESA KUASAI MESIN MASA DEPAN

Pamekasan 10, November 2014, PERPUSERU bekerja sama dengan Core Fasilitator Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Pamekasan dan Core Fasitator Peach bromo, menyelenggarakan acara Pelatihan komputer & Internet dengan tema Pengembangan Perpustakaan Desa Berbasis IT/ICT .

Pelatihan yang diikuti oleh lima (5) desa di Kabupaten Pamekasan, dilaksanakan selama empat (4) hari, di mulai sejak tanggal 10 s.d 13 November 2014 di ruang Aula Perpustakaan Umum Kab. Pamekasan Lantai 2. Adapun keadaan forum atau isi dari pelatihan yang dilaksanakan selama 4 hari, banyak ragam kejadian yang bisa dikatakan unik.

Sebab potensi dan dedikasi seseorang memang sulit untuk di terka oleh siapapun kecuali berpegang teguh kepada kekuatan niat dan tekad seseorang untuk maju dan bersaing. Pada kenyataannya untuk dunia teknologi, tidak hanya anak muda atau remaja yang dekat dengan dunia informasi dan teknologi (IT). Bahasa lumrahnya tidak gaptek.

Tapi ada sosok ibu sulha asal Desa Bajang Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan Jawa Timur dengan hitungan umur kurang lebih 40 sampai dengan 50 tahun, beliau tidak buta akut tentang dunia teknologi akan tetapi bisa mengimbangi anak muda atau remaja yang juga menjadi peserta pelatihan.

Ungkap ibu sulha untuk dunia komputer atau internet dasarnya dia sudah punya sedikit dasar karena dia pernah ikut kursus di lembaga kursus yang ada di Kabupaten Pamekasan, sehingga beliau dalam pelatihan ini terbatas tinggal mengingat-ngingat kembali karena sudah lama tidak bersentuhan dengan yang namanya komputer pasca berhenti dari kursusannya, karena alasan jarak yang terlalu jauh untuk di tempuh.

Perpuseru yang di motori oleh Coca-cola Foundation Indonesia dan Bill and Melinda Foundation bekerja sama dengan Perpusda dan Peacbromo, selain menyelenggarakan pelatihan komputer dan internet dasar yang tujuan membangun infrastruktur kehidupan masyarakat desa secara khusus dan masyarakat dunia secara umum, dengan visi misi pembaharuan dan mendorong kemandirian masyarakat yang sadar akan kesehatan, pendidikan dan ekonomi.

Perpuseru indonesia akan mendorong masyarakat desa untuk siap tempa hidup secara sejahtera dan merdeka dengan mengusai ilmu tentang informasi dan teknologi, sedangkan untuk menuju keberhasilan, perpuseru dan Perpustakaan Daerah tidak hanya besar opsi, namun juga memberikan bukti riil dengan memberikan bantuan berupa tiga (3) unit komputer untuk lima (5) desa se-kabupaten Pamekasan beserta perangkat Internetnya yang akan dikelola secara profesional oleh team Perpuseru, Perpustakaan Umum Kab. Pamekasan, dan pengelola perpustakaan desa itu sendiri, 3 (tiga) unit komputer akan di berikan langsung kepada masing-masing desa untuk digunakan oleh masyarakat desa secara umum dan point pentingnya adalah gratis.

Sedangkan firoh perempuan setengah baya peserta delegasi desa pagendingan, mengungkapkan sangat antusias mengikuti acara pelatihan yang diagendakan perpuseru dan perpustakaan Umum Kabupaten Pamekasan, sebab tuturnya penyelenggaraan acara seperti yang dia ikuti (red), sulit untuk ditemukan apalagi yang juga diagendakan dengan penyerahan bantuan unit komputer.

Perasaan senang bahkan bangga firoh rasakan karena pelatihan komputer dan internet dasar semakin menambah kekayaan ilmu pengetahuaan, sehingga rasa mantap dan semangat abdi dia rasakan untuk berkometmen membangun dengan dengan memprioritaskan keberadaan perpustakaan desa yang akan dirintisnya kedepan, dengan menjadikan bahkan mensugesti perpustakaan dan IT merupakan lumbung ilmu guna menguasai dunia.

Page 2 of 5

Joomla templates www.joomlashine.com