Selamat Datang di Perpustakaan Umum Kabupaten Pamekasan

Membaca merupakan kebutuhan utama bagi setiap manusia, baik membaca text ataupun membaca linkungan disekitar kita. untuk itu perpustakaan umum kabupaten pamekasan merupakan salah satu wahana ilmiah untuk memperkaya wawasan intelektual. semoga dengan adanya perpustakaan ini dapat membawa dampak positif bagi masyarakat dan bisa membuat budaya membaca dikalangan anak-anak, orang tua atau masyarakat.

Profil Perpustakaan

Success Story

Peer Learning Meeting

Perpustakaan Umum Pamekasan Raih PerpuSuar Award 2013

PERPUSTAKAAN : Prestasi yang cukup membanggakan diraih oleh pengelola Perpustakaan Umum Daerah (Perpusda)Pamekasan. Pasalnya, perpustakaan yang diproyeksikan menjadi referensi segala bidang itu, kini mendapat penghargaanPerpuSuar Award dari Markplus Institute.Penghargaan tersebut kali pertama didapatkan sejak perpusda berdiri.

Perlu diketahui, PerpuSuar Award adalahpenghargaan yang diberikan oleh MarkPlus Z, sebuah lembaga marketinginternational kepada perpustakaan yang dianggap berhasil melakukan promosi untuk membangun opini masyarakat. Agar berkunjung ke perpustakaan dan meningkatkan minat baca.

Untuk kategori Promosi 2013, ini diberikan kepada dua kabupaten se-Indonesia. Yakni, Kabupaten Pamekasan dan Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan. Perpusda Pamekasanterpilih sebagai penerima award karena dinilai berhasil melakukan promosi yang menyasar tiga kelompok. Yakni, pemuda, Ibu-ibu, dan pengusaha ataupun masyarakat umum.

Kepala Perpusda Umum dan Arsip Pamekasan Akhmad Zaini mengatakan, saat dia dipercaya memimpin perpusda akhir Maret lalu, dirinya melihat adanya kecenderungan merosotnya jumlah pengunjung. Sehingga, dilakukan langkah dan kajian bersama dengan melibatkan berbagai pihak terutama komite perpusda dan mantan kepala perpusda lama.

Read more: Perpustakaan Umum Pamekasan Raih PerpuSuar Award 2013

Jumlah Pengunjung Perpustakaan Pamekasan Terus Meningkat

Jumlah pengunjung Perpustakaan Umum Kabupaten Pamekasan terus mengalami peningkatan, jika dua bulan lalu hanya mencapai 100 sampai 150 orang per hari, pada bulan ini kunjungannya hingga mencapai 400 orang.

“Seluruh rangkaian program yang kami gelar bertujuan untuk menarik dan meningkatkan minat bacaserta jumlah kunjungan ke perpustakaan umum kabupaten Pamekasan,” tutur kepala Perpustakaan Umum dan Arsip Pemerintah Daerah Kabupaten Pamekasan, Akhmad Zaini, sabtu (14/06/13) pagi.

Zaini sapaan akrabnya juga menjelaskan, pihaknya sampai saat ini masih terus melaksanakan program-program untuk terus mengajak masyarakat datang keperpustakaan diwilayah itu.

“Saat ini kami sedang melaksanakan program wisata edukasi. Siswa-siswi SMA kita undang keperpustakaan setiap hari sebanyak 20 siswa. Sehingga siswa menjadi tahu tentang perpustakaan di Pamekasan,” tuturnya.

Read more: Jumlah Pengunjung Perpustakaan Pamekasan Terus Meningkat

Tingkatkan Pengelolaan, PEMKAB Gelar BIMTEK Pengelolaan Perpustakaan Desa Dan Kelurahan

PAMEKASAN. Membudayakan masyarakat gemar membaca yang ada di seluruh Jawa Timur khususnya di Pamekasan, pemerintah profinsi (PEMPROF) Jawa Timur menggelar bimbingan teknis (BIMTEK) pendampingan kecamatan kepada sejumlah pengelola perpustakaan baik desa ataupun kelurahan yang bertempat di ruang pertemuan kantor Pemerintah Daerah (PEMDA). Hal ini dilaksanakan dengan harapan agar pengelolaan perpustakaan di desa ataupun kelurahan menjadi semakin baik.

BIMTEK yang bertujuan untuk meningkatkan pengelolaan perpustakaan ini terasa sangat istimewa karena dihadiri langsung oleh kepala badan perpustakaan umum Profinsi Jawa Timur yakni Ach. Mudjib Affan, pihaknya memberikan penjelasan tentang maksud dan tujuan dari BIMTEK yang tak lain bertujuan untuk menggalakkan dan memasyarakatkan gemar membaca di kalangan masyarakat desa dan kelurahan yang ada di seluruh Jawa Timur.

Read more: Tingkatkan Pengelolaan, PEMKAB Gelar BIMTEK Pengelolaan Perpustakaan Desa Dan Kelurahan

LOMBA BERCERITA TINGKAT SD/MI se-KABUPATEN PAMEKASAN

Salah satu langkah untuk menumbuhkembangkan semangat membaca di kalangan anak-anak, khususnya dan masyarakat pada umumnya Perpustakaan Umum Pamekasan dan Dinas Pendidikan Pamekasan menyelenggarakan Lomba Bercerita Tingkat SD/MI se-Kabupaten Pamekasan. kegiatan ini juga sebagai upaya untuk melestarikan kembali cerita-cerita rakyat yang kian hari semakin terkikis dan tenggelam oleh pengaruh arus globalisasi sekarang ini.

 

Perpustakaan Pamekasan Menuju Perpustakaan Digital

PAMEKASAN, 15/2 (Media Madura) – Dalam upaya menuju perpustakaan yang berbasis digital, Perpustakaan umum kabupaten Pamekasan terus melakukan perbaikan, bahkan saat ini layanan internet gratis dan wifi, yang sebelumnya hanya berkapasitas 1 mb, saat ini dinaikkan menjadi 9 mb.

Kepala perpustaakaan dan arsip pemkab Pamekasan Akhmad zaini mengatakan, hal itu dilakukan dalam upay untuk terus meningkatkan pelayanan dan fasilitas kepada masyarakat di wilayah itu.”Ini juga dalam rangka membawa perpustakaan dari era kertas menuju era digital,” katanya kepada mediamadura.com. sabtu (15/02/14) pagi.

Dijelaskan, program itu bukan untuk menghilangkan ribuan buku yang ada di salah satu perpustakaan terbesar di pulau madura itu, tetapi justru untuk menambah jumlah buku yang bersifat digital yang bisa di akses melalui internet.”Masyarakat bisa menikmati layanan ini 24 jam penuh,” paparnya.

Read more: Perpustakaan Pamekasan Menuju Perpustakaan Digital

Page 4 of 5

Joomla templates www.joomlashine.com