Selamat Datang di Perpustakaan Umum Kabupaten Pamekasan

Membaca merupakan kebutuhan utama bagi setiap manusia, baik membaca text ataupun membaca linkungan disekitar kita. untuk itu perpustakaan umum kabupaten pamekasan merupakan salah satu wahana ilmiah untuk memperkaya wawasan intelektual. semoga dengan adanya perpustakaan ini dapat membawa dampak positif bagi masyarakat dan bisa membuat budaya membaca dikalangan anak-anak, orang tua atau masyarakat.

Profil Perpustakaan

Success Story

Peer Learning Meeting

Karyawan Perpusda Pamekasan Mengaji Tasawuf Selama Ramadhan

Pamekasan, 15/6 (Media Madura) – Selama bulan Ramadhan 1437 Hijriyah, karyawan Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur mengaji tasawuf. Hal itu dilakukan untuk memburu pahala di bulan yang penuh berkah.

Akhmad Zaini Kepala Perpusda Pamekasan mengatakan, di bulan yang penuh ampunan ini para karyawannya sehabis shalat berjamaah dhuhur dikenalkan dengan bermacam ilmu agama Islam, utamanya ilmu cara menyucikan jiwa dan menjernihkan akhlaq.

“Ini selama Ramadhan, kita shalat berjamaah, setelah itu kita mengaji kitab Sarah Al-Hikam yang diisi oleh saya sendiri,” kata Zaini, Rabu (15/6/2016) siang.

Menurut Mantan aktifis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Pamekasan itu, mengaji dan mengamalkan isi Kitab Al-Hikam untuk mengenalkan pola hidup yang sebenarnya, dengan membangun dhahir dan batin serta untuk memperoleh kebahagian yang abadi.

“Tujuannya agar mereka itu mengenal hakekat hidup, makanya kami sentuh dengan kajian kitab Al-Hikam,” tambah Zaini.

Ia berharap, isi dalam kitab tersebut bisa diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. “Semoga hal ini berkelanjutan dan tidak hanya di bulan puasa. Kalau perlu ditularkan pada anak cucu mereka,” tutup Zaini.

 

 

 

 

 

 

 

 

Bupati Memberikan Apresiasi Kepada Masyarakat yang Paling sering ke Perpustakaan

 Pada Hari Jumat, 13 Mei 2016 bertepatan dengan program Bersih, Sehat, dan Bersepeda (Bersabda) yang rutin dilaksanakan oleh Pemkab. Pamekasan, Bupati Pamekasan memberikan Apresiasi kepada 5 Pengunjung/Pemustaka yang paling aktif ke Perpustakaan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai salah satu bentuk komitmen dukungan Pemkab. Pamekasan terhadap pengembangan Perpustakaan Umum Pamekasan. Acara yang Bertempat di Gazebo Perpustakaan ini dihadari oleh Bupati Pamekasan, Wakil Bupati, Dandim 0826 Pamekasan, Ketua DPRD, Para Kepala SKPD, dan Persatuan Sepeda ONTEL se Pemekasan. Dalam Sambutannya Bupati Menekankan kepada Hadirin betapa pentingnya keberadaan Perpustakaan yang dimiliki oleh Pemkab. Pamekasan yang sekarang sudah mulai berkembang dan diminati oleh masyarakat terbukti dengan meningkatnya Jumlah Kunjungan Masyarakat ke Perpustakaan terbesar se Madura ini. Dengan kegiatan ini memberikan motivasi kepada masyarakat pamekasan, bahwa dengan berkunjung ke Perpustakaan akan berdampak positif terhadap kualitas hidup mereka.         

 

 

 

Bupati Terima Penghargaan Nasional dari Coca Cola Foundation Indonesia (CCFI) dan Bill and Melinda Gates Foundation (BMGF) dalam hal pengembangan perpustakaan daerah.

 

 

 

Pamekasan, 15/4 (Media Madura) – Bupati Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Achmad Syafii kembali menyabet penghargaan. Kali ini penghargaan diterima Syafii dari Coca Cola Foundation Indonesia (CCFI) dan Bill and Melinda Gates Foundation (BMGF) dalam hal pengembangan perpustakaan daerah melalui program PerpuSeru.

Anugerah penghargaan tingkat nasional tersebut diterima langsung oleh Achmad Syafii di Nusa Dua Bali, Kamis (14/4/2016) kemarin. Penghargaan itu diraih karena tingginya komitmen Pemerintah Daerah dalam mendorong berbagai inovasi yang dikembangkan Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah (Perpusda) Pamekasan.

Bahkan, Perpusda Pamekasan ditetapkan sebagai perpustakaan percontohan tingkat nasional dan beberapa kali meraih penghargaan bergengsi.

Kepala Perpusda Pamekasan, Akhmad Zaini menuturkan, setidaknya ada dua indikator keberhasilan Pemkab Pamekasan meraih penghargaan. Pertama, peningkatan anggaran Perpusda dari Rp 400 juta menjadi Rp 2,6 miliar. Kedua, Bupati Pamekasan mendorong langsung terbentuknya perpustakaan desa di wilayahnya. Bahkan kini Pemkab menyiapkan kantor kecamatan yang memiliki perpustakaan representatif.

“Alhamdulillah, penghargaan yang diterima Pak Bupati menjadi penyemangat kami ke depannya,” kata Zaini yang turut hadir dalam penyerahan penghargaan itu, bangga.

Dijelaskan Zaini, CCFI bekerja sama dengan BMGF mengembangkan program PerpuSeru yang bertujuan untuk membantu mengembangkan perpustakaan umum di Indonesia menjadi pusat belajar masyarakat berbasis Teknologi Informasi, hal itu telah diterapkan di perpustakaan Pamekasan.

Sementara itu, Bupati Pamekasan Achmad Syafii, melalui Kabag Humas, Joko Trisulo mengatakan, Pemkab Pamekaaan selalu mencanangkan program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Diantaranya menumbuhkan minat baca dan pembinaan masyarakat melalui program-program perpusda.

“Sebenarnya bukan penghargaan yang menjadi target pemerintah, tapi bagaimana masyarakat di Pamekasan gemar membaca. Tapi dengan adanya penghargaan ini semakin membuat kami tambah bersemangat,” ujar Joko sapaan akrabnya.

 

 

 

Sosialisasi Program Bantuan Komputer Coca-cola foundation Indonesia

Pada Hari Selasa, 08 Maret 2016 bertempat di Aula lantai II Perpusda Pamekasan Menyelenggarakan Kegiatan Sosialisasi Program Perpuseru fase scale up replikasi 2016 bagi 10 Perpusdes/TBM terpilih. acara dimulai pada pukul 09.00 s.d 11.00 Wib dihadiri oleh Asisten Administrasi, Wakil DPRD Komisi IV, SKPD terkait, dan 10 Kepala Desa/TBM beserta Perangkat Penerima Bantuan Program Perpuseru Fase Scale Up Replikasi 2016. Sebanyak 79 peserta hadir dalam acara tersebut dengan rincian  57 orang Laki-laki dan 22 orang perempuan. Peserta Sosialisasi memperoleh gambaran terkait Program Perpuseru Fase Scale Up setelah mendengarkan paparan dari Bpk. Kusairi sebagai Pemateri. Peserta sangat antusias dan semangat setelah diumumkan mendapatkan bantuan Berupa 3 Komputer dari Perpuseru yang disponsori oleh Coca-cola Foundation. RTL yang disepakati bersama adalah setiap perpusdes/TBM siap untuk melaksanakan dan mengembangkan perpustakaan berbasis IT yang berkelanjutan. 

Perpuseru Memberikan Bantuan Komputer kepada 10 Perpustakaan Desa/TBM di Pamekasan

Sesuai dengan Jadwal Rencana Kerja Replikasi Perpuseru, Pada Hari Selasa, 08 Maret 2016 bertempat di Aula lantai II Perpusda Pamekasan Menyelenggarakan Kegiatan Sosialisasi Program Perpuseru fase scale up replikasi 2016 bagi 10 Perpusdes/TBM terpilih. acara dimulai pada pukul 09.00 s.d 11.00 Wib dihadiri oleh Asisten Administrasi, Wakil DPRD Komisi IV, SKPD terkait, dan 10 Kepala Desa/TBM beserta Perangkat Penerima Bantuan Program Perpuseru Fase Scale Up Replikasi 2016. Sebanyak 79 peserta hadir dalam acara tersebut dengan rincian  57 orang Laki-laki dan 22 orang perempuan.  

Peserta Sosialisasi memperoleh gambaran terkait Program Perpuseru Fase Scale Up setelah mendengarkan paparan dari Mz Kusairi sebagai Pemateri. Peserta sangat antusias dan semangat setelah diumumkan mendapatkan bantuan Berupa 3 Komputer dari Perpuseru yang disponsori oleh Coca-cola Foundation. RTL yang disepakati bersama adalah setiap perpusdes/TBM siap untuk melaksanakan dan mengembangkan perpustakaan berbasis IT yang berkelanjutan. 

  •  Start 
  •  Prev 
  •  1  2  3  4  5 
  •  Next 
  •  End 

Page 1 of 5

Joomla templates www.joomlashine.com